(Ket:* Jika load game room di atas error, klik "try again")

Fakta: Buaya Berselancar Sebrangi Lautan

print this page Print halaman ini

Buaya yang biasa hidup di air tawar ternyata dapat menyeberangi lautan. Caranya, dengan berselancar. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Queensland, Australia menguak tabir bahwa buaya juga bisa menyeberangi lautan. Awalnya, peneliti heran bagaimana caranya binatang reptil terbesar di dunia ini bisa sampai di berbagai pulau di wilayah Pasifik Selatan yang dipisahkan lautan. Para peneliti juga melihat gerombolan buaya yang mengambang di tengah lautan....(selanjutnya klik read more di bawah)....



Buaya yang pandai melintas antar pulau ini dikenal sebagai buaya air asin. Binatang yang biasanya hidup di sungai dan rawa-rawa bakau ini memiliki habitat sepanjang lebih dari 10.000 kilometer di Pasifik selatan-timur. Di Australia, buaya air asin ini dapat tumbuh dengan panjang mencapai 20 kaki.

Untuk mengetahui bagaimana caranya mereka melintasi lautan, para peneliti menempelkan pemancar sonar untuk melacak keberadaan 27 ekor buaya air asin. Penelitian yang telah dipublikasikan di Jurnal Animal Ecology ini menjelaskan bahwa buaya-buaya itu melakukan perjalanan antar pulau dan menyeberangi lautan dengan cara surfing atau berselancar dan dibantu gelombang laut. Mereka menyeberangi lautan dengan cara menangkap gelombang laut dan mengikutinya hingga sampai di tepian.

Buaya jantan maupun betina dapat melakukan perjalanan lebih dari 31 mil dari sungai tempat mereka berasal ke lautan lepas. Seekor buaya jantan dengan panjang 12,5 kaki ternyata dapat menempuh jarak 367 mil dalam waktu 25 hari. Adapun buaya dengan panjang lebih dari 16 kaki dapat menjelajah hingga 255 mil dalam tempo 20 hari.

Dr Hamish Campbell, dari Universitas Queensland, mengatakan buaya bukanlah binatang yang pandai berenang. "Oleh karenanya, rasanya tak mungkin jika mereka berenang di laut lepas," katanya. Namun, dia menjelaskan buaya-buaya itu tak dapat bertahan lama di air asin tanpa makan atau minum. (TI)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Fakta: Buaya Berselancar Sebrangi Lautan"

Post a Comment